Langsung ke konten utama

Tips menghadapi ujian

Loe stres karma mau ngikutin ujian. Kalo mau ujian emang suka banyak masalah yang muncul. Tujuannya nggak lain nggak bukan buat menguji kesiapan lahir-batin. Kalo udah siap lahir batin pasti semua bakal lancar.
yang pasti semua yang mau ngikutin ujian pasti bakalan stres. Itu sesuatu hal yang wajar karna ujian adalan saat saat penentuan.
Tapi biar gak stres Qu punya beberapa trik dan tips yang bisa kamu ikutin. Ini dia aku jelasin. !


BELAJAR MENTAL MELULU
Yoi. Ini sindrom yang biasa muncul menjelang tes-tesan! Makin dekat hari H-nya, otak makin susah menyerap pelajaran. Sindrom ini muncul bukan karena otak. Tapi, karena kita panik. Otak kita jejali dengan berbagai materi pelajaran secara paksa. Dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Ingat bos otak jangan terlalu dipaksakan biar gak rusak.

Mengatasinya:
1. Seminggu sebelum UN bikin pointers materi-materi pelajaran di kertas kecil yang bisa dikantongi ke mana-mana. Pointers ini ibarat password otak: kunci untuk membuka file-file memori otak. Jadi, nggak perlu mempelajari ulang materi-materi pelajaran UN, begitu baca pointers ingatan kita akan dipanggil kok.
2. Dua atau tiga hari menjelang UN, wajib menjauhi buku-buku pelajaran juga kertas kecil berisi pointers materi-materi pelajaran tadi. Lakukan apapun yang kita senangi, supaya perasaan happy. Kalo perasaan udah happy, otomatis otak jadi rileks. Nah, dalam kondisi rileks, memori otak akan lebih kinclong!

TAKUT KAGAK LULUS
Katanya, hidup ini nggak boleh ngebayangin yang enak-enak aja. Harus balance dengan ngebayangin yang pait-pait.
Itu hal wajar kalo loe takut gak lulus.

Mengatasinya:
Ngebayangin nggak lulus emang harus. Tapi, sambil ngebayangin nggak lulus, kita juga harus ngumpulin info seputar kesialan itu. Maksudnya, kalo emang nanti nggak lulus, apa yang bisa dilakukan? Ngulang lagi atau ada jalan lain? Kalo tau bahwa kita bisa melakukan sesuatu jIka benar-benar nggak lulus, kita nggak akan stres, bro!

TAKUT SAMA MATA PELAJARAN TERTENTU
Setiap orang pasti punya kelemahan di salah satu mata pelajaran. Kalo tuh mata pelajaran masuk dalam daftar mata pelajaran yang diujikan di UN, gimana jadi nggak was-was,

Mengatasinya:
Untuk mata pelajaran yang satu ini, coba kasih perhatian lebih. Lebihin porsi belajarnya, lebihin juga konsentrasi buat mengulik mata pelajaran tersebut. Mudah-mudahan materi pelajarannya nempel dikit-dikit. Kalo nggak juga? Ya emang udah takdir.


TAKUT NGGAK BISA BANGUN PAGI
Ugh! Kenapa yang namanya tes-tesan mostly diselengarakan di pagi hari ya? Padahal, semua orang juga tau kalo yang namanya bangun pagi itu adalah yang terberat di dunia! (Halah!)

Mengatasinya:
Nggak ada cara lain selain minta bantuan banyak pihak! Di hari H nanti, jangan lupa nyalain weker (minimal 2: jam weker dan alarm ponsel). Terus, titip pesan dari malamnya ke bokap, nyokap, kakak, adik, pembantu, sopir.... Kalo perlu sampe tukang roti keliling yang pagi-pagi udah muter dengan gerobak tet-tot..., tet-totnya! Suruh mereka ngebangunin lo dengan berbagai cara. Dari mulai diteriakin, dikitikin, sampe disiram air atau digaplok, its O.K!

TAKUT NGGAK BISA NYONTEK
Hah! Mungkin kedengarannya sesat. Tapi, kenyataan berbicara bahwa lebih dari sembilan puluh persen kepala akan memikirkan gimana cara mencari celah buat nyontek ketika UN berlangsung.

Mengatasinya:
Tipsnya cuma satu: banyak-banyak usaha sendiri. Juga berdoa! Sebab, inget kata pepatah: sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga. Artinya: meski kita udah bikin konspirasi tingkat tinggi dengan teman-teman plus udah menyiapkan plan A, plan B, dan plan C buat nyontek, kalo takdir berkata lain nasib sial nggak bisa ditolak, man!


MENGIRA-NGIRA SI PENGAWAS
Entah kenapa, sosok pengawas UN yang tergambar di pelupuk mata yang sangar melulu.

Mengatasinya:
Mulai hari ini, coba bayangin sosok pengawas UN yang asik. Wajahnya memperlihatkan aura bersahabat. Ramah, suka becanda, suka ngasih tebak-tebakan begitu udah ngeliat murid-murid mukanya kenceng, suka.... Atau, bayangin sosok pengawas UN yang polos (baca: agak bloon).


ACARA GAUL BATAL
Menjelang UN semua orang mendadak sibuk belajar. Nggak terkecuali mereka yang masuk dalam daftar anak bengal!

Mengatasinya:
Ngeliat dampaknya yang kurang bagus bagi kesehatan jiwa kita, kesimpulannya acara bergaul mustinya tetap dipertahankan durasinya. Hanya aja, mungkin frekuensinya yang diauh masyarakat! Kayak orang kleptomania gitu. Yang bersangkutan nggak bisa ngerem perbuatannya, hingga akhirnya jadi public enemy,� jelas Mbak Della lagi. What? Bermasalah dengan pasangan? Jadi public enemy?...........

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Tentang Autis

Definisi Autisme adalah suatu gangguan perkembangan yang kompleks, yang umumnya muncul pada usia 1-3 tahun. Tanda tanda Autisme biasanya muncul pada tahun pertama dan selalu sebelum anak berusia 3 tahun. Autisme 2-4 kali lebih sering ditemukan pada anak laki laki dibandingkan anak perempuan. Penyebab Penyebab yang pasti dari autisme belum diketahui, yang pasti hal tersebut bukan disebabkan oleh pola asuh yang salah. Penelitian terbaru menunjukkan adanya kelainan biologis dan neurologis di otak, termasuk ketidakseimbangan biokimia, faktor genetik dan gangguan kekebalan. Beberapa kasus autisme mungkin berhubungan dengan : 1. Infeksi virus (rubella kongenital atau cytomegalic inclusion disease) 2. Fenilketonuria (suatu kekurangan enzim yang sifatnya diturunkan) 3. Sindroma-X yang rapuh (kelainan kromosom) Gejala Penderita autisme klasik memiliki tiga gejala, yaitu : 1. Gangguan interaksi sosial 2. Hambatan dalam komunikasi verbal dan non-verbal 3. Kegiatan dan minat sangat te

Jenis dan Tingkatan Vampire

1. Origin Yaitu vampire keturunan darah murni. Vampire jenis ini adalah vampire yang terlahir dari pernikahan vampire. Ayahnya vampire origin dan ibunya juga vampire origin. Keistimewaan vampire origin adalah kekuatan fisiknya seperti manusia serigala dan yetti. Bedanya, mereka lebih kuat dari manusia serigala, tapi manusia serigala indera dan kecepatan yang melebih vampire ini. Berbeda dengan yetti, yang lebih kuat dari mereka, tetapi bodoh dan lambat. Pokoknya mereka mengandalkan kekuatan fisik untuk mempertahankan diri. Selain itu, vampire origin bisa berjalan jalan disiang hari. Tapi sebagai konsekwensinya, kekuatan mereka akan turun drastis. Bagi vampire jenis ini, makan dan mengasup nutrisi adalah dua hal yang berbeda. Bila mereka lapar, cukup dengan memakan roti, daging, atau apapun seperti apa yang dimakan oleh manusia. Tapi meskipun mereka makan, mereka tidak dapat mencerna nutrisi dari makanan tersebut. Mereka hanya bisa mengasup nutrisi dari darah manusia. 2. Slave Slav

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata membutuhkan perlindungan dari efek yang merugikan dari lingkungan. Maka dari itu perlu menjaga kesehatan mata kita. Efek kerusakan muncul bila terlalu sering terpapar oleh sinar matahari, angin, debu, dan faktor lainnya. Dalam menjaga kesehatan mata ada 8 langkah penting untuk memastikan perlindungan yang baik untuk mata anda. 1. Selalulah Periksa Mata Secara Berkala Ini bagus untuk mencegah dan mengobati masalah mata yang sudah ada. Jika anda menggunakan kontak lens pastikan agar benar benar bersih. 2. Makan Diet Seimbang Dengan Buah buahan dan Sayuran Segar Makanlah makanan yang kaya nutrisi vitamin A, E dan C. Makanlah banyak wortel yang kaya beta karoten dan termasuk ikan yang tinggi omega 3 . Coba secangkir brokoli karena ini jua baik untuk mata. 3. Merawat Kesehatan dan Sistem Kekebalan Tubuh Hindari terlalu banyak merokok dan minum alkohol yang berlebihan karena hal ini dapat membuat mata anda terlihat lelah. Merokok mempunyai efek buruk pada peredaran darah di sek