Langsung ke konten utama

Tips Jitu Menghadapi Interview

Berbagai cara dilakukan sebuah perusahaan untuk menjaring karyawan baru. Mulai melakukan test, sampai proses wawancara. Namun kebanyakan pelamar, malah gugur saat proses interview. Jika tak ingin pekerjaan yang sudah di depan mata melayang, ada baiknya mengikuti tips menghadapi interview berikut ini.

1. Nama perusahaan besar sering mengundang keinginan untuk melamar. Tapi ingat, kalau posisi yang ditawarkan nggak cocok sama keahlian kamu, lebih baik jangan nekat ngelamar. Melamar posisi yang tepat dengan pengalaman dan keahlian yang mendukung pastinya menambah nilai plus buat si pelamar.

2. Kata kata dress for success ternyata memang bukan sekedar kiasan. Berpakaian yang tepat sesuai dengan pekerjaan yang dilamar adalah hal yang wajib banget. Misalnya ingin melamar jadi sekretasis pastinya harus menggunakan pakaian yang rapi dan formal. Tapi ketika melamar pekerjaan yang banyak berkutat di lapangan, baju baju yang lebih santai bisa jadi pilihan. Kalau bingung, tanya saja sama teman yang telah bekerja di posisi serupa.

3. Datang ke tempat wawancara paling tidak 15 menit sebelum jadwal. Kelebihan waktu ini akan memberi waktu untuk bersiap siap. Misalnya, merapikan make up, pakaian, ke kamar kecil dan lain lain. Selain itu datang tepat waktu juga memberikan kesan yang baik.

4. Jabat tangan memberi kesan yang sangat penting. Jangan menjabat tangan setengah hati. Jabatlah dengan erat seperti ketika bertemu dengan teman lama yang kamu tunggu tunggu. Berikan kesan tegas namun bersahabat.

5. Ketika wawancara berlangsung, kumpulkan rasa percaya diri. Tatap mata si pewawancara dengan ramah. Menghindari tatapan mata atau melihat kebawah mengesankan kurangnya percaya diri.

6. Biarkan CV bicara. CV adalah jendela pertama perkenalan calon pegawai dan perusahaan. Buatlah CV menggambarkan diri anda sebaik mungkin. Tulis juga hobi dan minat yang menggambarkan diri kita. Tapi harus jujur ya. .

7. Nah, ketika si pewawancara sedang membaca CV kita, sebisa mungkin kita jangan berbicara. Mengajak berbicara akan membuat perhatiannya teralih dari CV kita yang oke.

8. Jangan terlihat resah atau duduk terlalu bersandar. Sikap duduk seperti itu akan membuat kita terlihat seperti orang gugup dan pemalas.

9. Pelajari latar belakang perusahaan yang dilamar. Dengan begitu kita akan terlihat tanggap dan berwawasan luas.

10. Bertanya bukanlah hal yang dilarang dalam wawancara. Pertanyaan juga akan menggambarkan diri kita. Jadi, hati hati dalam bertanya. Menanyakan berapa lama jam makan siang bisa mengesankan kita orang yang pemalas dan senang bermain.

11. Jika melamar di perusahaan yang membutuhkan ide ide kreatif, jangan ragu untuk mengajukan sebuah usul atau saran. Tapi jangan terlalu mendetain. Jelaskan secara singkat dan menarik sehingga mereka akan melihat poin lebih pada kita.

12. Seperti kata band seriues, "pewawancara juga manusia". Bicaralah dengan jujur dan terbuka. Jangan coba coba berbohong atau menipu, kemungkinan mereka akan mengetahuinya.

13. Lagi lagi jangan malu bertanya. Jika si pewawancara memberikan pertanyaan yang tidak kita mengerti, tanyakan maksudnya. Lebih baik kita menjadi orang pintar yang tak takut bertanya daripada orang 'sok tau' yang merasa mengerti semua pertanyaan padahal jawabannya salah. Waduh. .parah. .!

14. Jika ditanya alasan keluar dari perusahaan sebelumnya, jangan berbicara panjang lebar tentang buruknya perusahaan tersebut (walaupun sebenarnya begitu). Katakan saja, di perusahaan tersebut bakat dan ide ide kita yang cemerlang kurang bisa dimanfaatkan dan karena itulah kita melamar di perusahaan ini.

15. Dalam menjawab pertanyaan jangan ragu ragu untuk berpromosi. Ada baiknya menunjukan sedikit pengetahuan dan pengalaman anda selama bekerja di tempat lain termasuk prestasi prestasi anda.

Selamat mencoba & good luck

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Tentang Autis

Definisi Autisme adalah suatu gangguan perkembangan yang kompleks, yang umumnya muncul pada usia 1-3 tahun. Tanda tanda Autisme biasanya muncul pada tahun pertama dan selalu sebelum anak berusia 3 tahun. Autisme 2-4 kali lebih sering ditemukan pada anak laki laki dibandingkan anak perempuan. Penyebab Penyebab yang pasti dari autisme belum diketahui, yang pasti hal tersebut bukan disebabkan oleh pola asuh yang salah. Penelitian terbaru menunjukkan adanya kelainan biologis dan neurologis di otak, termasuk ketidakseimbangan biokimia, faktor genetik dan gangguan kekebalan. Beberapa kasus autisme mungkin berhubungan dengan : 1. Infeksi virus (rubella kongenital atau cytomegalic inclusion disease) 2. Fenilketonuria (suatu kekurangan enzim yang sifatnya diturunkan) 3. Sindroma-X yang rapuh (kelainan kromosom) Gejala Penderita autisme klasik memiliki tiga gejala, yaitu : 1. Gangguan interaksi sosial 2. Hambatan dalam komunikasi verbal dan non-verbal 3. Kegiatan dan minat sangat te

Jenis dan Tingkatan Vampire

1. Origin Yaitu vampire keturunan darah murni. Vampire jenis ini adalah vampire yang terlahir dari pernikahan vampire. Ayahnya vampire origin dan ibunya juga vampire origin. Keistimewaan vampire origin adalah kekuatan fisiknya seperti manusia serigala dan yetti. Bedanya, mereka lebih kuat dari manusia serigala, tapi manusia serigala indera dan kecepatan yang melebih vampire ini. Berbeda dengan yetti, yang lebih kuat dari mereka, tetapi bodoh dan lambat. Pokoknya mereka mengandalkan kekuatan fisik untuk mempertahankan diri. Selain itu, vampire origin bisa berjalan jalan disiang hari. Tapi sebagai konsekwensinya, kekuatan mereka akan turun drastis. Bagi vampire jenis ini, makan dan mengasup nutrisi adalah dua hal yang berbeda. Bila mereka lapar, cukup dengan memakan roti, daging, atau apapun seperti apa yang dimakan oleh manusia. Tapi meskipun mereka makan, mereka tidak dapat mencerna nutrisi dari makanan tersebut. Mereka hanya bisa mengasup nutrisi dari darah manusia. 2. Slave Slav

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata membutuhkan perlindungan dari efek yang merugikan dari lingkungan. Maka dari itu perlu menjaga kesehatan mata kita. Efek kerusakan muncul bila terlalu sering terpapar oleh sinar matahari, angin, debu, dan faktor lainnya. Dalam menjaga kesehatan mata ada 8 langkah penting untuk memastikan perlindungan yang baik untuk mata anda. 1. Selalulah Periksa Mata Secara Berkala Ini bagus untuk mencegah dan mengobati masalah mata yang sudah ada. Jika anda menggunakan kontak lens pastikan agar benar benar bersih. 2. Makan Diet Seimbang Dengan Buah buahan dan Sayuran Segar Makanlah makanan yang kaya nutrisi vitamin A, E dan C. Makanlah banyak wortel yang kaya beta karoten dan termasuk ikan yang tinggi omega 3 . Coba secangkir brokoli karena ini jua baik untuk mata. 3. Merawat Kesehatan dan Sistem Kekebalan Tubuh Hindari terlalu banyak merokok dan minum alkohol yang berlebihan karena hal ini dapat membuat mata anda terlihat lelah. Merokok mempunyai efek buruk pada peredaran darah di sek